Tuesday, 30 October 2012

Proudly a Member of BBI


This post is all about me being a member of BBI, a community of book blogger in Indonesia. I will write in Bahasa Indonesia for this post.

Sebagai blogger baru dan anggota baru BBI, belum banyak yang bisa saya ceritakan tentang komunitas ini. Hmm. Gimana mulainya ya?

Pada bulan Mei yang lalu, saya memutuskan untuk mulai menulis blog. Alasannya sederhana. Saya kehabisan orang yang mau mendengarkan curhat-curhat saya yang mulai membosankan (karena itu-itu saja) tentang buku-buku klasik. Apalagi curhat saya beragam, mulai dari menceritakan seluruh kisah sambil melampiaskan berbagai hasil analisis yang ruwet hingga kalimat sederhana seperti, “Opa William (Shakespeare) keren deh. Coba aku digombalin sama dia,” atau “Athos ganteng. Kenapa coba dia ga bener-bener hidup?” Sebelumnya, diari sempat menjadi pelampiasan. Namun karena diari saya sudah terlalu banyak dihantui hal-hal tidak penting, saya jadi ragu kalau menuliskan tentang bagaimana Milton dengan berani ngotot bahwa pemerintah tidak berhak melarang suatu buku terbit atau bagaimana Shakespeare membuat karakter-karakter wanita yang begitu berani, diukur dari standar umum di zamannya di diari saya. Satu-satunya cara: Blog.

Karena pada dasarnya senang berbagi pendapat dengan orang lain, saya mulai bongkar-bongkar mbah Google untuk mencari komunitas blogger buku. Eh, ternyata di Indonesia sudah ada, yaitu BBI ini. Saya langsung tanya Mas Tanzil apa boleh saya bergabung. Begitulah ceritanya hingga saya bisa bergabung dengan BBI ini.

Sebenarnya banyak manfaat saya peroleh. Misalnya jadi kenal sesama blogger buku di Indonesia seperti Mbak Fanda, Alvian, Melissa, trus Bzee Why juga. Walaupun kenalan saya belum terlalu banyak di BBI, setidaknya jadi ada teman lah. :p

Makasih banyak ya BBI, mudah-mudahan semakin banyak blogger yang peduli buku dan mau membagikan pengalaman dan manfaat yang didapat dari membaca. 

20 comments:

  1. Replies
    1. Eh iya. Selamat datang di blog saya. :D *wave balik*

      Delete
  2. Seneng deh kenal kamu Lis. Selain sesama pecinta klasik kamu juga kalo curhat tentang tokoh-tokoh di buku (misalnya sih, ehm, Athos :D) bisa dalem dan panjang lebar gitu. Post yg coat of arms juga membantu banget. A lot of info (and fun too!) in this blog! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sih dalem gara-gara nge-fans. Yang gituan dihitungnya fangirling dan bukan filosofi. Hahaha. Makasih ya. :D

      Delete
  3. Kalo gak salah kita kenalan awalnya dari Baca Klasik ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, waktu kamu bilang, "Kamu yang ke-4 dari Indonesia" ora something kan ya? Kalo ga salah waktu itu udah gabung BBI, tapi ga tahu ada yang doyan klasik juga. :D

      Delete
  4. bener banget, sebelum ketemu BBI aku juga kesulitan cari teman curhat seputar buku. Sudah berbusa2 cerita penuh semangat, reaksinya datar2 aja, haha

    ReplyDelete
  5. Aha..blogger buku klasik lagi..siplah jadi punya teman lain yang hobi buku klasik, saya sih baru simpatisan saja :)

    Happy blogging :)

    ReplyDelete
  6. saya juga lebih cenderung meresensi buku lawas, tapi non fiksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, saya tadi sempat berkunjung. Udah pernah coba Areopagitica? Highly recommended lho.. :D

      Delete
  7. Halo.. salam kenal yaa.

    Saya bukan penikmat klasik sih, tapi sesekali baca bukunya~ *emang jaraaaaang bgt*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Ya gapapa biarpun ga sering-sering, asal tau aja klasik tuh kaya apa juga udah bagus.

      Delete
  8. Hai..... Salam kenal.....

    Serunya gabung di BBI adalah kita menemukan teman-teman se-genre bacaan dengan kita. Ternyata kita gak sendirian. Dan serunya lagi, nggak ada yang saling ejek-mengejek genre bacaan satu sama lain. Toh membaca kan memang selera masing-masing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, setuju. Membaca itu hak asasi, genre pilihan pribadi. :-)

      Delete
  9. Wah.. Sekutunya mba fanda and melisa nih.. Hehe.. Saya juga suka baca klasik kok, tapi berhubung omnivora genre jadi agak jarang dibanding para Klasik'ers sejati, hehe ;)

    ReplyDelete
  10. Wah kalo gitu kenalan dulu deh mba listra! *Salaman*
    Aku kagum banget loh sama posting2annya.. kayaknya buku2 klasik udah di luar kepala semua. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun mbak, masakan komennya masuk ke spam sih? Untung barusan ngecek.

      Makasih ya.. Saya belum banyak baca buku klasik kok. Biasanya kalo udah baca satu suka susah move on. (Udah kaya orang pacaran aja.)

      Delete
  11. salam kenal, mbak :)

    Hahaha...iyaaa....BBI membuat kita jadi punya teman curhat soal topik kesayangan yaa

    ReplyDelete
  12. halo mb, salam kenal ya pertama-tama, baru berkunjung ke blognya, ternyata bener kata mb Nissa, sekutunya mb Fanda, hehehe. btw mb nggak ikut Gone With The Wind Read Along ya? satu2-nya challenge klasik yang aku ikutin :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, emagn ga ikutan kalo yang itu. Belum mood baca sih. Lagian kemarin lagi baca yang lain (sekarang lupa apa tapinya). Tapi aku ikut yang play read-along lho..

      Delete