Thursday 25 April 2013

BBI Close Up Interview


Sebagai bagian dari event BBI tahun ini, saya ikut serta dalam Close-Up Inerview, dan beruntung sekali mendapatkan beberapa jawaban pribadi (ehm) dari interviewee yaitu Mbak Launa. Mbak Launa ini sangat sabar, meski saya baru kirim pertanyaan pada hari terakhir masa wawancara lho. (Maaf ya, Mbak, saya sungguh lagi dikejar deadline.. Hehe..) 

Langsung aja, ini hasil wawancara yang dilakukan:

Foto Mbak Launa
Nama : Launa Rissadia
Nama Panggilan : Na/Una
Domisili : Bandung (yay, sama dong sama saya)
Pekerjaan : Freelance writer, Staff Public Relation & Protocol Maranatha Christian University Bandung

Genre apa yang paling sering dibaca? 
Sekarang yang sering dibaca novel dewasa, romance, teenlit, buku motivasi & pengembangan diri, petualangan. Komik juga aku suka. Dan pingin juga nyoba baca genre yang lainnya. ^-^

Kok bisa suka baca? Apa motivasinya?
Wah panjang nih ceritanya. Singkatnya, sebenarnya awalnya aku bukan pencinta buku. Bahkan bisa dibilang pembenci buku. Dulu kalau ngelihat buku yang tebalnya gila-gilaan, aku suka bilang, "Ih malas banget bacanya juga. Tebal banget gitu." hahaha.

Eh pas sekitar (kalau engga salah) tahun 2010, pas lagi di Gramedia, iseng-iseng lihat buku DARE for Youth - Timotius Adi Tan & Josua 'Iwan' Wahyudi. Karena cover-nya yang menarik, aku tergiur buat baca sinopsisnya. Jadi deh beli dan nyoba baca. Sejak saat itu aku jadi suka baca buku. :-D

Motivasi aku baca buku: semenjak aku baca buku, aku menyadari ternyata masih sedikit ilmu yang aku punya. Karena itu sekarang aku cinta banget sama buku.

Pengalaman paling unik yang berhubungan dengan buku?
Uniknya dengan sendirinya jadi ngerasa dekat dan bisa kenal dengan penulisnya (kalau penulisnya punya Twitter/FB/social network lainnya), terus juga asyik. Dengan baca buku jadi bisa tahu pemikiran si penulis. Juga uda dua tahun setiap aku ulang tahun dapat kado buku, haha. :-) (mbak enak deh, pengarang favorit saya biasanya udah pada meninggal, ga bisa difollow twitternya lagi.. :(()

Sejak kapan bergabung dengan BBI?
Sejak 3 April 2013. Aku member baru di BBI. ^^

Kesan pesan buat BBI?
Kesan: senang banget akhirnya bisa gabung di BBI. Sejak dulu pingin gabung sebenarnya, cuma karena dulu belum aktif di Goodreads, jadi baru kesampaian sekarang deh, hehe.

Pesan: semoga BBI semakin eksis, member-nya semakin bertambah tiap tahunnya, event-eventnya lebih seru lagi, dan panjang umur! :-)

Suasana baca favorit (pake musik, super sunyi, atau super malam)?
Kalau ngomongin suasana, engga tentu. Karena kapanpun selama aku lagi free atau bosan, aku bisa baca buku. Kadang di jalan waktu mau ke kantor, kadang di kantor kalau kerjaan uda kelar, kadang di kamar sambil dengar lagu, kadang sambil nonton. Selama ada waktu kosong, aku sempatin buat baca. Dan aku usahain/niatin buat baca buku setiap hari meski cuma satu atau dua halaman. :-D

Yang paling bikin tertarik untuk baca buku (pengarang, karakter, judul, atau latar)? Pengarang favorit dan buku favorit dong..
Engga tentu sih. Kalau penulisnya itu penulis favorit aku, aku usahain buat koleksi buku-bukunya. Karena uda jatuh cinta sama gaya bahasanya. Kalau penulis lain, kadang baca sinopsis/lihat cover & judulnya dulu. Kalau aku tertarik, aku bakal beli & baca.

Pengarang favorit aku banyak banget, haha. Beberapa penulis favoritku: Kent Healy, Clara Ng, Eka Kurniawan, Anthony Dio Martin, Primadonna Angela, Josua 'Iwan' Wahyudi, Dedy Dahlan, Jack Canfield, Bambang Trim, Seth Godin, Enid Blyton, dan masih banyak lagi. :-D

Buku favorit (sejauh ini masih sedikit karena belum banyak buku yang uda aku baca, hehe): The Success Principles for Teens - Jack Canfield & Kent Healy, DARE for Youth - Timotius Adi Tan & Josua 'Iwan' Wahyudi, Cantik itu Luka - Eka Kurniawan, My Crazy Beautiful Life - Ke$ha.

Makasih ya Mbak Launa. (http://coretanlauna.wordpress.com/)

8 comments:

  1. salam kenal mbak Launa, namanya unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru liat postingannya >_<"
      Terima kasih, Mas Tezar. Salam kenal juga :D

      Delete
  2. Hebat nih mbak Una, baru mulai baca tapi udah semangat bikin blog. Salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D Nuhun Mbak Dewi. Salam kenal juga :)

      Delete
  3. Salam kenal Mbak Launa :)

    Salam kenal Listra :)

    Eh, ak sdah lama absen di Weekend Quote ya, moga minggu ini bisa ikut (⌣́_⌣̀)\('́⌣'̀ )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Mbak Ira. :)

      Delete
  4. salam kenal Launa

    setuju, jangan remehkan kekuatan cover

    ReplyDelete